Beberapa alasan kenapa kita harus sisipkan eksternal Link dalam Artikel

Salah satu teknik SEO On Page yang mudah tetapi jarang digunakan oleh bloger-bloger pemula adalah menggunakan eksternal link dalam postingan.

Beberapa webmaster berdebat dan enggan untuk rutin menyertakan eksternal link karena takut akan dampak-dampak negatif berikut :

  • Merusak reputasi website
  • Menghancurkan rangking di mesin pencari
  • Menciptakan pintu keluar bagi pengunjung

Atau mungkin beberapa gosip lainnya yang sebenarnya tidak sesuai dengan fakta. Oleh karena itu, saya mencari pendapat profesional dan menemukan konten mengenai hal ini di Moz.

 

Berikut apa yang dikatakan Rand Fishkin mengenai eksternal link di dalam postingan :

Link eksternal akan merusak reputasi website: “Menurut opini saya, kekhawatiran ini sebagian besar tidak mendasar. Membuat link merupakan praktik yang umum dilakukan di web – diharapkan dan dihormati oleh pengguna dari berbagai kalangan – dan karena itu, sangat tidak mungkin membahayakan reputasi Anda. Bahkan jika Anda memberi link sesekali ke situs atau halaman yang diambil alih oleh penjahat, calon pornographer atau penggemar twilight yang terpesona, pengunjung cenderung memaafkan, terutama jika link yang Anda berikan merupakan link lama.”

Eksternal link menghancurkan rangking di mesin pencari: “Mesin pencari menyadari bahwa bahkan situs web terbaik kadang-kadang memberi link menuju wilayah kebohongan di cyberspace. Selama Anda tidak sembarangan memberi link ke pemasangan malware dsb, Anda tidak perlu terlalu berhati-hati seperti ketika Anda menghubungkan ke halaman yang mungkin akan mengalami 404.

Dan terakhir, menciptakan pintu keluar bagi pengunjung : “Pengguna akan meninggalkan situs – abaikan bukti-bukti bahwa halaman atau situs akan mendapatkan banyak manfaat dari link keluar. Berpikirlah tentang jasa yang paling populer dan paling banyak digunakan di web – sebuah situs web yang membuat kita berpaling hingga selusin atau bahkan ratusan kali setiap bulan – Google. Mereka menjadikannya bagian dari kredo perusahaan untuk membuat pengguna keluar dari situs secepatnya dan mendapatkan banyak manfaat dari keadaan tersebut. Demikian pula sebuah survey terhadap surat kabar terbesar di web menemukan bahwa mereka yang memberi link keluar cenderung mengungguli mereka yang tidak memberi link keluar dilihat dari banyak metrik kinerja. Jika Anda menginginkan lebih banyak contoh lagi, lihat Digg, Reddit, Yelp, Twitter, dan Delicious – yang memberi begitu banyak link keluar pada situs mereka sebagai bagian dari bagian dari inti perusahaan dan tetap mendapatkan pengunjung yang datang lagi dan lagi. Saya belum melihat bukti apapun yang membuat link keluar menuju situs berkualitas yang akan diapresiasi dan dinikmati pengguna benar-benar merugikan dalam jangka panjang.

 

Bahaya Link Keluar Sesungguhnya

Karena begitu banyak efek positif dan tidak berpotensi merugikan, banyak webmaster dan bloger beramai-ramai membuat link keluar tanpa aturan. Untuk menjaga dunia SEO tetap kondusif, maka Google mengeluarkan penalti yang disebut Unnatural Outbound Link Penalty.

Jangan khawatir, penalti ini diberikan hanya kepada mereka yang melanggar kebijakan Google dalam memberikan link eksternal seperti :

  • Praktik bertukar link
  • Link menuju situs spam atau berkualitas rendah
  • Penulis tamu yang hanya bertujuan mendapatkan link
  • Sponsor post dan review yang tidak menggunakan attribut no-follow

Selama kita menggunakan eksternal link secara wajar, maka semua akan baik-baik saja dan kita akan mendapatkan manfaat-manfaat nyata, terutama untuk keperluan SEO dalam jangka panjang.

6 Alasan Mengapa Harus Menaruh Link Eksternal di dalam Postingan

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat link eksternal menuju website lain :

1. Link Keluar adalah Sesuatu yang Bagus untuk Kredibilitas Anda

Sebagai penulis tentu Anda harus memback-up semua yang Anda ucapkan dengan bukti-bukti dari sumber yang terpercaya. Anda tidak perlu menuliskan semua informasi, cukup memberi link keluar menuju situs-situs otoritas di bidangnya dan kredibilitas Anda akan naik.

2. Link Keluar Merupakan Mata Uang di Dunia Web

Internet adalah tempat termudah untuk mendapatkan segala informasi yang kita butuhkan. Dengan memberi link keluar menuju halaman-halaman berkualitas, kita ikut memfilter agar hanya halaman-halaman terbaik saja yang keluar di mesin pencari.

Link keluar adalah mata uang. Sayang sekali jika karena ketidaktahuan Anda tidak menggunakannya sehingga halaman-halaman yang muncul di halaman pertama tidak relevan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna internet lainnya.

Kita bisa menciptakan internet yang lebih baik dengan berkontribusi memberi backlink bagi konten-konten berkualitas.

3. Kutipan dari Situs Relevan Membuat Konten Anda Lebih Baik

Salah satu tujuan SEO paling mendasar adalah memuaskan pengunjung dengan segala informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang mereka ketikkan.

Jika Anda kesulitan membuat konten panjang karena keterbatasan informasi yang Anda miliki, maka Anda sangat bisa mengutip opini atau pendapat-pendapat para ahli di bidangnya untuk menulis konten berkualitas sesuai standar Google.

Kutipan membuat lebih sempurna. Tentu saja Anda harus menyertakan link menuju sumber sebagai bentuk penghormatan terhadap orang yang memberikan infomasi sebagai pendukung tulisan Anda. Begitulah aturan dalam kepenulisan.

4. Mendapat Perhatian dari Bloger Lain

Setiap kali link keluar di klik pengunjung, maka mereka akan mendarat di website lain. Sumber trafik yang berasal dari blog kita akan terlacak oleh bloger lain.

Mungkin mereka akan mengecek untuk memastikan bahwa sumber bukan semacam spam atau mesin yang mengirim bot. Dan jika mereka menyukai apa yang mereka baca tentang situs mereka, mungkin saja mereka tertarik berbisnis dengan Anda (memakai jasa Anda atau membeli produk Anda).

Atau paling tidak mereka juga mungkin tertarik untuk memberi link keluar menuju situs kita di situs mereka. Sebagai balas budi dan usaha untuk menjalin hubungan baik sesama bloger.

5. Menjadi Otoritas

Situs otoritas adalah situs yang memuat hampir semua konten yang berhubungan dengan topik yang mereka angkat. Misalkan situs Anda membahas tentang otomotif, maka setidaknya Anda harus memublikasikan hal apapun berkaitan dengan otomotif, terutama berita-berita terhangat.

Dan cara termudah adalah mengumpulkan berbagai resource di internet tentang berita terbaru tersebut dan menjadikannya sebagai kumpulan resource dalam satu artikel utuh sehingga situs Anda benar-benar menjadi otoritas.

Tentu saja Anda harus menyertakan link keluar untuk sumber-sumber berita lain yang kontennya Anda gunakan sebagai referensi membuat konten Anda.

6. Link Keluar Berdampak Positif Bagi SEO

Bagian terbaik dari membiasakan diri menyertakan link keluar adalah berdampak positif bagi SEO blog.

Berbagai penelitian telah menunjukkan korelasi antara adanya link keluar dan hasil SERP yang lebih baik. Mereka yang memberi link keluar cenderung memenangkan persaingan.

Berapa Banyak Outbound Link yang Baik?

Menurut Brian Dean, “Link keluar merupakan strategi white hat SEO yang mudah untuk mendapatkan trafik. Outbound link ke halaman yang relevan membantu Google memahami topik halaman Anda. Itu juga merupakan indikasi bahwa halaman Anda berkualitas.”

“Tidak memberi link keluar mungkin adalah kesalahan nomor satu yang saya lihat dilakukan orang. Saya mencoba memberi 2-4 outbound link setiap 1000 kata.”

“Perlu diperhatikan bahwa situs tujuan dalam link keluar merefleksikan Anda. Jadi, pastikan memberi link keluar ke situs otoritas jika memungkinkan.”

Kesimpulan

Dan sekarang mata Anda terbuka bahwa tidak ada dampak negatif ketika membuat link keluar. Sebagian besar hanya mitos yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak pernah tahu bagaimana cara kerja web di masa kini. Jadi, usahakan membuat link keluar ketika menulis postingan dan dapatkan segudang manfaat di atas.

 

Apakah Anda sudah terbiasa membuat link keluar? Mengapa tidak dan mengapa ya?

info

Kunjungi www.borneosupport.com

Tinggalkan komentar